Bandara I Gusti Ngurah Rai Catat Peningkatan Penumpang Selama Libur Iduladha 2025

mcinews.id
Jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai meningkat momen libur Iduladha lalu. (Foto: Istimewa)

 

Badung, MCI News - PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang selama libur panjang Iduladha 1446 H. Dalam periode 5-9 Juni, bandara ini melayani 344.554 penumpang, melebihi proyeksi awal sebesar 1,5 persen. Penumpang domestik mencapai 119.775 orang, sementara penumpang internasional mencapai 224.779 orang.

Baca juga: Libur Panjang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Prediksi Dipadati Penumpang Rerata 70 Ribu Sehari

Komposisi penumpang menunjukkan bahwa lebih banyak penumpang yang datang (175.994 orang) dibandingkan yang berangkat. Puncak kedatangan penumpang terjadi pada Jumat, 6 Juni 2025, dengan 38.922 penumpang, sedangkan puncak keberangkatan terjadi Senin (9/6/2025), dengan 37.883 penumpang.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi, menyatakan bahwa libur panjang berkontribusi pada peningkatan jumlah penumpang.

Baca juga: 32 Flight Bandara Juanda Dihentikan 24 Jam Selama Nyepi

"Kami lihat selama beberapa kali long weekend memang memberikan dampak positif terhadap penambahan trafik penumpang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2024 yang melayani 321.596 penumpang, trafik selama rentang 5 sampai 9 Juni 2025 dimana kami melayani lebih dari 344 ribu orang, maka ada peningkatan sebesar 7 persen. Demikian pula dengan trafik pesawat. Tahun lalu terdapat 1.860 pergerakan, sedangkan tahun ini mencapai 2.020 pergerakan pesawat. Lebih tinggi 8 persen," jelas Wahyudi.

Baca juga: Rayakan Tahun Baru Imlek 2576, Bandara I Gusti Ngurah Rai Sajikan Parade Barongsai

Wahyudi merasa senang seluruh proses pemberangkatan penumpang tidak mengalami kendala. Meskipun begitu, pihaknya tetap melakukan evaluasi untuk menghadapi musim libur mendatang.

"Kami bersyukur walau volume penumpang dan pesawat mengalami peningkatan, tetapi secara keseluruhan operasional bandara terkelola dengan baik dan lancar. Kedepannya kami akan terus mengoptimalkan perencanaan serta pengelolaan layanan jasa kebandarudaraan untuk memastikan terpenuhinya standar pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandara," tutupnya.

Editor : Yasmin Fitrida Diat

Peristiwa
Berita Populer
Berita Terbaru