KAI Daop 7 Madiun Pengembalian 100 Persen Penumpang Terdampak Banjir Semarang

mcinews.id
Perjalanan kereta api terdampak banjir Semarang. (Foto: KAI)

Madiun, MCI News – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas gangguan perjalanan kereta api. Hal ini akibat luapan banjir di jalur antara Stasiun Alastua – Semarang Tawang, wilayah kerja Daop 4 Semarang, sejak Selasa (28/10/2025) pagi. 

Kondisi tersebut menyebabkan keterlambatan dan pembatalan sejumlah perjalanan, sehingga memengaruhi arus transportasi di lintas tengah dan utara Jawa.

Baca juga: Daftar 17 Rute Kereta Api Diputar Imbas Banjir di Semarang

Petugas prasarana KAI Daop 4 Semarang telah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan penanganan banjir secara langsung. Upaya normalisasi lintas terus dilakukan agar jalur Alastua – Semarang Tawang dapat segera dilalui kembali dengan aman.

Baca juga: Banjir Sitiarjo Malang Surut, Akses Jalan sempat Lumpuh

KAI juga menyiagakan petugas untuk memantau ketinggian air, kestabilan jalur, dan sistem drainase, serta mengoperasikan lokomotif Diesel Hidrolik BB 304 sebagai langkah antisipatif agar perjalanan kereta tetap berjalan aman.

KAI memberikan pengembalian biaya tiket 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang membatalkan perjalanan akibat keterlambatan lebih dari satu jam atau perubahan rute operasi. Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center KAI 121, dengan pengajuan maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan.

Baca juga: Hari ke-2 Operasi Usai Dilanda Hujan, Tim SAR Bali Temukan 4 Jenazah di Muara Tukad Badung

KAI mengimbau seluruh pelanggan agar selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-2223-3121, email cs@kai.id, atau akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, dan Facebook yang telah terverifikasi.

Editor : Yasmin Fitrida Diat

Peristiwa
Berita Populer
Berita Terbaru