Malang, MCI News – Pelayanan, kenyamanan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di suatu daerah adalah modal utama. Jika wisatawan merasa senang dan nyaman, bukan hal yang tidak mungkin akan kembali lagi untuk berkunjung, dengan mengajak relasi, saudara, teman, dan sahabat.
“Peningkatan kapasitas masyarakat Desa Wisata Dewi Anom dalam melayani wisatawan, akan dilakukan melalui pelatihan dan pembekalan terkait tour guide, pemilik home stay, yang diikuti masyarakat pelaku pariwisata, yang sesuai kompetensi dan job desk pekerjaannya," ujar Dra Susiati MM, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Pariwisata Dinas Budaya dan Pariwista (Disbudpar) Jatim, Selasa 6 Mei 2025.
Baca juga: Pemenang ADWI, Desa Wringinanom Kabupaten Malang Siap Menyambut Wisatawan
Susi menambahkan, peserta pembekalan adalah yang sudah terbiasa melayani wisatawan, yaitu pemilik home stay, pengelola, pekerja home stay.
Menurut Susi, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah penguatan terhadap Desa Wisata Wringinanom, sehingga diharapkan nantinya akan lebih siap dalam melayani wisatawan domestic maupun internasional.
Lokasi pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dalam melayani wisatawan tersebut diadakan di balai Desa Wringinanom, hari ini, mulai pagi sampai sore hari. Narasumber kegiatan pelatihan tersebut adalah pemilik biro perjalanan wisata, lembaga sertifikasi, dan dari education center.
"Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Sehingga, kompetensi dalam pelayanan kepada wisatawan tidak diragukan lagi," Susi menambahkan.
Disbudpar Jatim selalu mendukung desa wisata melalui banyak program, sehingga nantinya akan mendatangkan banyak wisatawan, dan mendongkrak ekonomi warga sekitar.
Editor : Yama Yasmina